Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending dan Tidak Terkirim

Ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi perpesanan paling populer whatsapp ini error dan akhirnya susah digunakan untuk berkomunikasi.

Ada beberapa faktor dan satu per satu metode yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WhatsApp yang lagi pending atau error nih.

Periksa Jaringan Internet
Langkah pertama adalah adalah dengan memeriksa jaringan internet yang sedang aktif.
Pastikan kamu sedang berada di jaringan internet terbaik untuk mencegah pesan WhatsApp tidak diterima alias pending.
Di sini, kamu juga bisa melakukan beberapa metode untuk memastikan jaringan internet tetap stabil di smartphone Android kamu.
Salah satunya adalah dengan mengunci jaringan 4G LTE agar mendapatkan kecepatan internet yang tinggi dan stabil.
Caranya, kamu tinggal pergi menuju menu Settings > Connections > Mobile networks > Networks Mode > LTE only untuk memastikan jaringan kamu hanya di 4G LTE.

Aktifkan Mode Pesawat
Apabila langkah pertama masih belum berhasil, kamu bisa dengan mengaktifkan dan mematikan kembali mode pesawat (Airplane Mode) di HP Android kamu.
Dengan begini, kamu istilahnya telah me-restart segala jaringan yang terhubung di smartphone. Cobalah beberapa kali hingga kamu mendapatkan jaringan internet dan pesan WhatsApp diterima. Biasanya, jaringan internet akan kembali masuk dan kamu bisa mengakses internet beberapa saat.

Gunakan Aplikasi VPN
Akses WhatsApp yang sedang dibatasi bisa saja membuat kamu kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang satu ini, mulai dari pesan pending hingga nggak bisa mengirim gambar.
Kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi VPN yang tersedia pada HP Android, misalnya Turbo VPN, Tunnel Bear, atau Samsung Max khusus untuk seri Samsung Galaxy.
Langkah penggunaannya, kamu cukup download dan install aplikasi VPN kemudian hubungkan dengan menggunakan jaringan dari negara lain.

Cek Penghemat Daya Android
Smartphone Android yang kamu miliki memang dibekali berbagai macam fitur berguna untuk para pemakainya.
Diantaranya adalah fitur penghemat daya yang akan otomatis diaktifkan saat Android kehabisan baterai.
Sayangnya, aplikasi penghemat baterai ini malah akan membuat beberapa notifikasi pesan tidak masuk alias di-pending untuk menghemat baterai Android, termasuk WhatsApp.
Untuk menonaktifkannya, pada Android kebanyakan akan berada di notification bar dengan tap pada ikon baterai.
Jika tidak, kamu bisa masuk ke menu Setting > Battery > Battery saver dan matikan toggle yang aktif.

Bersihkan Cache Aplikasi
WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang sering kamu gunakan saat menggunakan smartphone, tentunya. Dengan seringnya penggunaan WhatsApp, tentu akan semakin banyak cache yang menumpuk dan semakin membengkak di memori kamu.

Apa itu cache? Sebenarnya, cache adalah data yang disimpan sementara guna mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi. Dengan membengkaknya cache, bisa saja membuat WhatsApp error dan berakibat pesan yang dikirim atau diterima pending. Makanya kamu bisa sesekali membersihkan cache dari aplikasi WhatsApp.

Caranya dengan pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache. Tunggu beberapa saat hingga WhatsApp kembali menerima pesan.

Bersihkan Data Aplikasi
Setelah tadi diatas dijelaskan membersihkan cache, kamu juga bisa membersihkan data aplikasi WhatsApp untuk mengatasi WhatsApp pending saat menerima atau mengirim pesan. Namun, sepertinya kamu mesti melakukan proses back up pesan WhatsApp terlebih dulu deh.

Untuk membersihkan data WhatsApp, kamu bisa pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data. Gampang banget, kan?

Dengan melakukan langkah membersihkan data, WhatsApp akan kembali ke keadaan semula saat kamu mulai mendaftar WhatsApp. Segala chat akan hilang, makanya perlu proses back up seperti yang Jaka sebutkan di atas.

Hapus dan Install Ulang WhatsApp
Langkah terakhir yang bisa saja kamu lakukan adalah dengan melakukan update aplikasi WhatsApp.

Bisa saja WhatsApp error dan pending akibat aplikasi chatting yang kamu gunakan sudah ketinggalan dibandingkan dengan versi terbaru. Jika proses update gagal, kamu bisa saja melakukan uninstall dan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp terbaru melalui Google Play Store. Mungkin cara ini cukup membantu untuk me-refresh kembali aplikasi WhatsApp jadi serasa baru sehingga semua permasalahan bisa teratasi.

Semoga artikel diatas bermanfaat, silahkan di share.